Powered By Blogger

Tuesday 6 August 2013

TUTORIAL/CARA PEMERIKSAAN/PENGGANTIAN KOPLING JUPITER Z



untuk mngganti kampas kopling Jupiter Z

Pastikan  Oli mesin telah terkuras,knalpot, Pijakan kaki, Pedal Rem,Tuas kickstarter, bak magnet dan semua yang mengganggu proses ini telah terlepas

Buka lengan pelepas kopling (1)


Buka
  • baut plat penekan kopling(1), 
  • per kopling dan plat penekan kopling (2)
"Kendorkan semua Baut dengan 1/4 putaran dengan pola silang dan selanjutnya buka baut secara merata"



5. Lepaskan
  • thrust bearing 1, batang penekan kopling #1 (2), 
  • kampas kopling (3), 
  • plat kopling #1 (4), 
  • plat kopling #2 (5) (dengan per)



6. Luruskan washer pengunci Mur
7. Kendorkan Mur boss kopling (1)
Tahan Boss kopling 2 dengan alat universal -clutch holder (3), Lepaskan Mur Boss Kopling
8. Lepas Mur
  • boss kopling (1), 
  • Washer pengunci (2), 
  • Boss kopling (3), 
  • washer (4), 
  • Rumah kopling (5), 
  • collar 96), 
  • spacer (7), 
  • Batang penekan kopling #2 (8)




 9. Lepas
  • Mur rumah sepatu kopling (1), 
  • washer
 Lepas Mur rumah sepatu kopling dengan menahan generator rotor 2 dengan alat sheaveholder (3)
 Jangan sampai sheave holder menyentuh nok/projection pada generator rotor.






10.Lepas
  • collar (1), 
  • rumah sepatu kopling (2), 
  • washer (3), 
  • rollers (4), 
  • Per cage (5), 
  • cage (6), 
  • Boss rumah sepatu kopling (7)
  • sepatu kopling (8)

MEMERIKSA KAMPAS KOPLING
ikuit prosedur memeriksa Kampas Kopling dibawah ini :
1. Periksa:
• kampas kopling---->Rusak/Aus → Ganti Kampas kopling satu set.
2. Ukur:
• ketebalan kampas kopling---->Diluar spesifikasi → Ganti kampas kopling satu set.
CATATAN
Ukur ketebalabn Kampas Kopling semuanya Ketebalan Kampas Kopling 2.7 ~ 2.9 mm
<Limit>: 2.6 mm

MEMERIKSA PLAT KOPLING
Prosedur pemeriksaan Plat kopling
1. Periksa:
• Plat Kopling --->Aus/Rusak → Ganti Plat Kopling satu set.
2. Ukur:
• permukaan plat kopling (pada meja rata dan alat stickness gauge (1)
Diluar spesifikasi → Ganti Plat Kopling satu set.
Kebengkokkan plat kopling: 0.05 mm



MEMERIKSA PER KOPLING
Prosedur memeriksa Plat Kopling
1. Periksa Per Kopling------>Rusak → Ganti Per Kopling satu set.
2. Ukur: panjang per kopling (a)---->Diluar spesifikasi → Ganti per kopling satu set.
Panjang Per Kopling: 30.3 mm
<Limit>: 28.3 mm

MEMERIKSA RUMAH KOPLING
1. Periksa alur pengait rumah kopling--->Rusak/Aus → Ratakan alur rumah kopling
atau ganti rumah kopling.
Ausnya alur rumah kopling disebabkan oleh cara kerja kopling yang di hentak-hentakkan
2. Periksa bearing--->Longgar/Aus → Ganti Bearing dan rumah kopling.



MEMERIKSA BOS KOPLING
1. Periksa alur bos kopling--->Rusak/Aus → Ganti Bos Kopling
Aus pada bagian alur bos kopling, disebabkan cara pemakaian yang di-hentak hentakkan.



MEMERIKSA PLAT PENEKAN KOPLING
1. Periksa plat penekan kopling--->Rusak/Aus → Ganti



MEMERIKSA PENEKAN KOPLING #2
1. Periksa batang penekan kopling #2--->Retak/Aus → Ganti batang penekan kopling #2.
2. Ukur kebengkokkan batang penekan kopling #2--->Diluar spesifikasi → Ganti batang penekan kopling#2.
Kebengkokkan batang penekan #2 0.5 mm



MEMERIKSA PRIMARY DRIVEN GEAR
1. Periksa:
  • primary drive gear (pada bagian rumah kopling centrifugal)
  • primary driven gear(pada bagian rumah kopling)
Rusak/Aus → Ganti rumah kopling Centrifugal dan rumah Kopling satu set.
Timbul suara berisik/Noise yang keras → Ganti rumah kopling Centrifugal dan
rumah kopling satu set.



RUMAH KOPLING CENTRIFUGAL
1. Periksa: rumah sepatu kopling--->Rusak/Aus → Ganti.



2. Ukur diameter dalam rumah kopling (a) Diluar spesifikasi → Ganti
Diameter dalam rumah kopling :105 mm
<Limit>: 106 mm


 MEMERIKSA CAGE
1. Periksa:
  • cage 1-->Rusak/retak/Aus → Ganti
  • rollers 2--->Aus/Oval → Ganti
  • Per cage 3 --->Aus/lemah → Ganti


 



 MEMERIKSA LENGAN PELEPAS KOPLING/SHIFT ARM
1. Periksa:
  • lengan pelepas kopling 1--->Rusak /Aus → Ganti
  • baut penyetel kopling 2 --->Rusak/Aus → Ganti


 MEMASANG KOPLING
1. Pasang:
  •  washer
  • cage 1
  • per cage 2
  • rollers 3
  • Bos rumah sepatu kopling 4





2. Kencangkan:


  •  Mur rumah sepatu kopling 1
CATATAN
  • Tahan rotor generator 2 dengan alat sheave holder 3, kencangkan Mur rumah sepatu kopling.
  • Jangan sampai sheave holder menyentuh nok/projection pada bagian rotor generator


3. Pasang:


  •  batang penekan kopling #2 (1)
  •  spacer (2)
  • collar (3)
  • rumah kopling (4)
  • washer (5)
  • bos kopling (6)
  • washer pengunci (7)
  • mur bos kopling (8)
4. Kencangkan:
  •  Mur bos kopling 1
Tahan bos kopling 2 dengan universal clutchholder 3, kencangkan mur bos kopling.



5. Bengkokkan washer pengunci pada bagian sisi mur yang rata.
6. Lumasi:
  • kampas kopling
  • plat kopling #1
  • plat kopling #2
(dengan oli yang disarankan)

7. Pasang:


  •  kampas kopling
  •  plat kopling #2(dengan per)
  •  plat kopling #1
Pertama pasangkan kampas kopling dan selanjutnyabergantian plat kopling dan kampas kopling
70 Nm (7.0 m · kg)

8. Pasang:
  •  per kopling
  • plat penekan kopling (1)
  • baut plat penekan kopling (2)
Kencangkan baut plat penekan kopling dengan pola silang





sekarang tinggal pasang bak kopling plus setel kopling

TUNGGU EPISODE BERIKUTNYA

6 comments:

  1. misi mas numpang tanya...
    vega r ane jadi setengah kopling nih..kira2 apanya ya mas

    ReplyDelete
  2. boz jupiter ane kok mesin jalan kopling gandanya tidak berputar,saranya gan

    ReplyDelete
  3. Mau ganti kampas malahan gg ada alatnya gan. 😭

    ReplyDelete
  4. Mau ganti kampas malahan gg ada alatnya gan. 😭

    ReplyDelete
  5. Apakah Shift arm wajib di keluarkan jika kopling full manual?

    ReplyDelete